SPONSORED BY

The Lounge smadav antivirus indonesia your ads your ads

Rabu, 11 November 2009

Hujan Meteor Leonid 17 November 2009

NEW YORK - Pada tahun 1999 dan 2001, hujan meteor yang terjadi di langit terlihat cukup dramatis. Namun beberapa tahun belakangan, kondisinya semakin terlihat biasa saja.

Namun tidak demikian yang akan terjadi pada tahun 2009. Para astronomer memprediksi bahwa meteor Leonid mampu menghasilkan sekira 500 bintang per jam dengan kualitas pandangan yang cukup jelas di beberapa wilayah tertentu. Warga Asia diprediksi akan mendapatkan posisi pandang yang baik. Sedangkan Amerika Utara tidak akan mendapatkan posisi penglihatan sebaik Asia.

"Hujan meteor 2009 akan terjadi pada tanggal 17 November. Kali ini diperkirakan meteor yang jatuh akan terlihat lebih jelas, bahkan mampu menghasilkan 500 meteor per jam," ujar staf NASA Bill Cooke, seperti dikutip melalui Space.com, Jumat (5/12/2008).

Leonid merupakan bongkahan terkecil dari puing-puing asteroid yang melintas di dalam tata surya dari komet 55P/ Tempel-Tuttle. Banyak astronom yang menyatakan bahwa bongkahan kali ini akan dihasilkan lebih banyak, sama seperti hujan meteor yang terjadi pada tahun 1466. Namun pada observer Asia dan Eropa meragukan hal tersebut. Bahkan mereka memprediksi bahwa meteor yang menuju bumi hanya 100 meteor per jam.



Meteor-meteor Leonid biasanya hanya berukuran sebesar biji pasir yang kemudian menguap di atmosfir. Namun untuk ukuran meteor yang lebih besar, biasanya akan berbentuk layaknya sebuah bola api yang dapat menghujam langsung ke bumi. Namun ketika meteor-meteor ini mencapai 1000 unit per jam maka dapat disebut sebagai badai. Meteor level inilah yang tidak diharapkan meluncur ke bumi. (srn)

Lokasinya:




Dijadwal tersebut tertulis kalau aktifitas hujan meteor ini berlangsung pada tanggal 10 - 23 November 2009, namun puncaknya akan berlangsung pada 17 - 18 November 2009



Hujan meteor ini terletak di Rasi Leo, pada hari puncaknya kita diuntungkan karena kondisi bulan pada saat itu sedang mengalami bulan baru.jadi sinar bulan yang redup tak akan menghalangi cahaya meteor yang terlihat.
Waktu yang tepat untuk melihatnya yaitu setelah tengah malam sampai subuh sebelum fajar terbit... Kecerahan meteor yang terlihat pengamat akan tergantung pula kondisi awan dan cuaca di daerah masing-masing. Mudah-mudahan gak hujan

So buat sobat yang mau lihat peristiwa alam yang spektakuler ini, jangan lupa bawa pacar, teman, anak, bini, atau siapa aja buat begadang! Jangan sendirian nanti malah ditemenin mbak kunti loh! Hiii.

http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/12/05/56/171087/hujan-meteor-2009-diprediksi-lebih-indah/hujan-meteor-2009-diprediksi-lebih-indah

Artikel Terkait



10 comments:

facebook-hot mengatakan...

Ok sob, tapi valid g nich data. ntar udah begadang hujan beneran malah masuk angin lagi hehehe

budidaya ikan lele mengatakan...

Nice post, thanks for sharing

tips beli rumah mengatakan...

ga pernah tuch ngeliat hujan meteor,..jadi kepingin liat.........

Download Ebook Gratis | cara-blog | kumpulan bisnis online mengatakan...

thanks bro for this information, visit back to download ebook gratis, please =p

handout mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
moga sukses selalu.
jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..
click this

Peluang Usaha mengatakan...

amazing pictures,,jadi penasaran ingin melihatnya

Seragam Kerja mengatakan...

Mungkin bagus kali ya kalau hujan meteor, mudah2an nanti bisa lihat. nice info

Anonim mengatakan...

kaloada meteor lari ...

baju-jeans mengatakan...

tanda kiamat kah

tablet murah mengatakan...

nice info gan

Posting Komentar

 

DIRECTORY

FOLLOWERS