SPONSORED BY

The Lounge smadav antivirus indonesia your ads your ads

Rabu, 19 Agustus 2009

Jembatan Terpanjang Di Dunia,Jembatan Selat Sunda

Blog-thelounge.blogspot.com-Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatra rencananya akan dibuat enam lajur kendaraan, masing-masing tiga lajur dalam satu ruasnya. Jembatan selebar 60 meter ini juga dilengkapi dua jalur pejalan kaki dan jalur darurat.

Tak hanya itu, dalam prastudi kelayakan yang dibuat PT Wiratman & Associates dan PT Bangungraha Sejahtera Mulia (Artha Graha Group), jembatan ini juga akan dilengkapi dua rel kereta.

Jembatan rencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit, Ular, dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang 29 kilometer yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.

Salinan makalah Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Mohamad Wahid Supriyadi yang diperoleh VIVAnews, Rabu 19 Agustus 2009, menyatakan, sebagai jembatan terletak di daerah rawan gempa bumi dan tsunami, pembangunan jembatan akan mencakup empat tahapan penting yang melibatkan hydrographic, oceanographic, geologi, seismological, keikliman, dan aspek lingkungan.

"Para ahli mengatakan secara teknologi, jembatan itu layak. Meski daerah ini rawan dengan gempa lebih dari tujuh pada skala Richter yang menyebabkan tsunami," kata Wahid dalam makalah yang disampaikan kepada Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab di Abu Dhabi, 21 Juli 2008.

"Mahalnya jembatan tak akan berarti bila dibandingkan dengan keselamatan." Rencananya, pembangunan jembatan ini akan menghabiskan dana Rp 100 triliun dan Rp 500 miliar per tahun untuk operasional jembatan itu.

Wahid yang mengutip Wiratman Wangsadinata, bahan konstruksi yang fleksibel akan digunakan untuk melindungi jembatan terhadap gempa bumi hingga sembilan magnitudes seperti Jembatan Messina Strait di Italia.

Menurut Wahid, pengembangan Jembatan Selat Sunda sangat layak bila dibandingkan dengan terowongan bawah laut. Bila membuat terowongan, biaya operasional dan pemeliharaan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jembatan.

"Saat ini pemerintah menyiapkan Keputusan Presiden yang akan menetapkan Departemen Pekerjaan Umum untuk melakukan kajian lebih lanjut mengenai kelayakan proyek itu," kata Wahid.

Setelah prastudi kelayalakan selesai, diperkirakan memerlukan waktu tiga tahun untuk melakukan studi kelayakan sebelum proses konstruksi dimulai. "Bila semua lancar, konstruksi bisa dimulai 2012 dan selesai 2025," ujar dia dalam makalah itu. hadi.suprapto@vivanews.com


Sumber:vivanews

Artikel Terkait



4 comments:

Anonim mengatakan...

Maaf sebelumnya ya, bukan tidak mendukung jembatan selat sunda sebagai jembatan terpanjang di dunia kalau sudah jadi. Tapi ada jembatan yang sudah jadi lebih panjang dari jembatan selat sunda yang akan direncanakan, yaitu jembatan yang ada di Amerika dengan pamjang 38 km lebih.

Anonim mengatakan...

Jangan gitu deh...

makmurin Indonesia dulu

kalo kata guru ekonomi, kerjain dulu yang primer, sekunder & tersier nyusul !!ok

Poside mengatakan...

Saat ini yang udah dibangun dan terpanjang tuh Hangzhou Bay Bridge (China), panjangnya 35 KM, dah dipakai sejak 2008 lalu. Mungkin rencana ini udah sangat laaamaaa, mungkin jaman Soeharto kali, jadi 29 KM udah dianggap yang terpanjang.

Unknown mengatakan...

Rencana sih bagus,modern futuristik. semoga saja pada tahun itu masyarakat Indonesia udah mamkur. Jd tidak menuai salah persepsi antar pihak. Dan juga,semoga dibangun dengan modal sendiri dan sumber daya manusia sendiri. Agar kita bisa bangga.

Posting Komentar

 

DIRECTORY

FOLLOWERS